Ini Dia Sejarah “Viking Clap” Yang Sering Dilakukan Timnas Indonesia

Gerakan Ini Sering DIlakukan pada akhir laga Timnas Indonesia U-19

704

Viking Clap atau Viking Thunder Clap mulai dikenal saat Iceland meraikan kemenangan mereka ke atas England di Euro 2016 lalu dan dianggap hal yang sangat indah dalam sepakbola.

Indonesia pun baru-baru ini menirukan gerakan penyemangat tersebut khususnya Timnas usia 19 tahun saat kejuaraan AFF digelar.

Viking Clap Berawal Dari Bangsa Viking ?

Viking adalah satu bangsa yang tinggal di sekitar Scandinavia termasuk Sweeden, Norway, Denmark dan Iceland. Mereka adalah bangsa penakluk dan juga penjajah.

Terdapat banyak naskah yang menceritakan kisah kepahlawanan Viking dalam sejarah.

Jadi, apabila Iceland melakukan keraian dengan tepukan tangan yang sekata dari perlahan sehinggalah laju dan diakhiri dengan sorakan atau nyanyian kegembiraan, mereka menggelar ia Viking Thunder Clap, Viking War Chant ataupun Viking Clap.

Jadi, ramai yang mulai mengaitkan ia dengan sejarah tentera ataupun pahlawan Viking yang mungkin melakukan sorakan yang sama.

Memang ia digelar viking war chants tetapi ia bukan dari tentera viking dari zaman dahulu.

Sebarang percubaan untuk mengaitkan viking thunder clap ini dengan sebarang unsur ritual perperangan daripada zaman viking adalah kurang tepat.

Di Indonesia sendiri gerakan ini pernah dilakukan oleh supporter dan pemain klub asal Jawa barat yaitu Persib Bandung.

Aksi ini dilakukan saat Persib turun di ajang Piala Presiden 2017 dan di awal Liga 1 2017 yang di pimpin langsung oleh salah satu supporter Persib, Yana Umar.

Sementara jika timnas Indonesia melakukannya baru-baru ini saja kala timnas U19 berlaga di ajang piala AFF CUP.

Memang gerakan VIking Clap sangat sederhana cukup menunggu beberapa detik lalu melakukan hentakan tangan secara bersamaan keatas seperti bertepuk tangan.

Namun gerakan ini merupakan simbolis atas rasa syukur dan sebagai penyemangat tim dan fans yang melakukannya khususnya Timnas Indonesia.

Laga terakhir bagi Indonesia di Grup A Piala AFF U-19 akan digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7/2018), pukul 19.00 WIB melawan Thailand.

Walau tidak terlalu penting karena sudah lolos kebabak berikutnya, tetapi meraih kemenangan sangat penting untuk menaikan mental anak-anak U19.

Jaya Indonesia!!

Jangan sampai ketinggalan berita terbaru. Subscribe sekarang!

Berita Menarik Lainnya

Komentar ditutup.