Piala Dunia 2018: Islandia Jadi Kontesan Negara Terkecil

0 131

Islandia berhasil membuat sejarah di mata dunia. Mereka berhasil mencatatkan sukses yang luar biasa. Dengan penduduk sekitar 335 ribu orang, Islandia menjadi negara terkecil yang mampu lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Islandia memastikan tampil di babak utama Piala Dunia Rusia 2018 setelah mengalahkan Kosovo 2-0 di Laugardalsvollur, Reykjavik, Selasa (10/10) dinihari WIB. Kemenangan ini membuat tim yang berjuluk  Strákarnir okkar ini mempertahankan puncak klasemen Grup I dengan 22 poin. Sedangkan Kosovo terpuruk di dasar klasemen. Dari Grup I, Kroasia sebagai runner-up mendapat jatah play-off usai menang atas Ukraina 2-0.

Di bawah asuhan Heimir Hallgrimsson, mereka memang tampil langsung menggebrak dan tak mau menyianyiakan peluang. Dua gol yang dicetak Gylfi Sigurdsson pada menit ke 40 dan Johann Gudmundsson pada menit ke 68 cukup untuk mengantar Islandia meraih tiga poin atas tim juru kunci Kosovo di Laugardalsvoellur.

Kesuksesan Islandia menjadi pemegang rekor negara terkecil yang mampu lolos ke putaran final Piala Dunia yang sebelumnya rekor ini dipegang Trinidad & Tobago yang berpenduduk 1,3 juta jiwa pada Piala Dunia 2006.

Negara-negara terkecil di Piala Dunia

Negara Populasi
Islandia 335 ribu jiwa
Trinidad dan Tobago 1,37 juta jiwa
Irlandia Utara 1,85 juta jiwa
Slovenia 2,08 juta jiwa
Jamaika 2,89 juta jiwa
Wales 3,1 juta jiwa

Setelah bertahun-tahun tampil sebagai tim medioker di kualifikasi Piala Dunia, akhirnya investasi mereka mulai menghasilkan di level senior. Tiket ke Piala Dunia 2018 yang mereka dapatkan ini merupakan rentetan kegemilangan Islandia setelah sebelumnya juga sempat mengamankan tempat di Kejuaraan Eropa 2016 untuk pertama kalinya dimana di turamen ini mereka membuat kejutan dengan mengalahkan Inggris 2-1 untuk melaju ke perempat-final.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berita Menarik Lainnya
Komentar
Memuat...