North West Derby, Derbi Terpanas di Negeri Ratu Elizabeth

279

Dua tim terbaik di Inggris bertemu kembali diajang liga Primer. Ya, dua tim tersebut adalah Manchester United dan Liverpool. Dua tim ini adalah simbol kejayaan sepakbola negeri Ratu Elizabeth. Dua tim dengan kebanggan mereka tersendiri. Yaitu antara peroleh terbanyak piala liga inggris (20) & peroleh terbanyak piala liga champions (5).

North West Derby adalah Identitas negara Inggris

Source: twitter @ManUtd

North West Derby telah menyajikan banyak hal menarik. Derbi ini sangat dikenal oleh pecinta sepakbola didunia. Persaingan derbi pelabuhan ini juga sama terkenalnya dengan derbi Old Firm (Skotlandia), Superclásico (Argentina), El Clásico (Spanyol) & Derbi della Madoninna (Italia). Derbi ini bahkan dianggap lebih bergengsi daripada derbi kota mereka sendiri ( Everton / Man City). Derbi pelabuhan ini juga salah satu derby tertua didunia.

Pertandingan antara MU vs Liverpool menjadi tujuan “wisata” para turis dari luar Inggris. Para turis akan memberikan segalanya hanya demi ingin mendapatkan tiket masuk ke stadion. Dengan keadaan tersebut, tidak sedikit yang memanfaatkan situasi dengan menjual kembali tiket mereka dengan harga hingga 8x lipat ke turis.

Sejarah North West Derby

Man United 1905 – 1906. Source : Wikipedia

Derbi dimulai ketika kota Manchester hingga abad ke-18 adalah kota pelabuhan dan digantikan posisinya oleh kota Liverpool diabad selanjutnya. Pada abad 20, kota Liverpool digambarkan sebagai wakil london. Akan tetapi, para buruh Manchester sangat membenci para buruh Liverpool, mereka menganggap jika Liverpool telah menikung Manchester sebagai wakil London. Hubungan dua kota tersebut akhirnya “diperbaiki” dengan pembangunan Bridgewater, Mersey, Irwell Navigation, dan Manchester Railway untuk mengangkut rempah-rempah ke pedalaman.

Liverpool 1892 – 1893. Source : Wikipedia

Aksi “damai” dua kota tersebut tidak berlangsung lama, yaitu setelah pedagang Manchester membangun Terusan Kapal Manchester dan ditentang politisi Liverpool. Ketegangan antara pekerja Liverpool dan buruh Manchester memuncak pada tahun 1894. Pada tahun 1894, Liverpool dan Newton Heath bertanding di play-off dan membuat Newton Heath terdegradasi ke Divisi II.

Aksi “damai” lainnya adalah ketika dibuatnya proyek ekonomi Terusan Kapal Manchester oleh Peel Ports. Proyek tersebut juga awal dari kerja sama kembali hubungan ekonomi antara Port of Liverpool dan Port of Manchester.

Politik, Bisnis, Persahabatan, hingga Sepakbola dari North West Derby

Source : Flickr

Era saat ini, derbi pelabuhan masih berlanjut. Bahkan, semua klub sepakbola dari kota Manchester membanggakan dari pelabuhan & kanal yang ada di Manchester. Kebanggaan dari mereka tercermin dari logo yang mereka gunakan saat ini. Lambang kapal dan kanal selalu melekat di logo para klub kota Manchester. Saat dimulainya North West Derby, semua klub yang berasal dari Manchester akan “bersatu” untuk mendukung MU agar mengalahkan Liverpool. Semua klub tersebut merasa jika kota Manchester lebih baik daripada kota Liverpool.

Kedua kota terus menjadi rival regional yang kuat, mereka berlomba-lomba di segala aspek untuk berpengaruh di daerah sekitarnya. Persaingan ekonomi tercermin dengan pemberian Commonwealth Games 2002 ke Manchester, sementara Liverpool dianugerahi Budaya Eropa 2008 sebagai regenerasi yang berlangsung.

“Kekerasan” dibalik North West Derby

15 Maret, 2014 – Source: Alex Livesey/Getty Images Europe)

Rivalitas dua tim tersebut didorong oleh dua kota besar yang mereka wakili. Tidak hanya sepakbola, persaingan ekonomi, industri, pelabuhan, & sejarah mereka juga tersaji dalam 90 menit pertandingan. Jika bertemu, mereka akan melakukan gaya kick n’ rush yang sesungguhnya. Disaat mereka bertanding, wasit mengeluarkan kartu kuning bahkan kartu merah adalah hal wajar. Dua tim merah ini tidak akan sungkan untuk “menyakiti” lawannya.

Suatu hal biasa jika akan ada korban dari bentrok suporter MU atau Liverpool. Bentrokan dimulai ketika para suporter menyanyikan lagu satire hingga sarkas untuk suporter lawannya. Bentrok tidak dilakukan didalam stadion, melainkan dilakukan diluar stadion demi menghindari hukuman FA. Akan tetapi, aparat keamanan telah bersiap dengan kemungkinan tersebut. Bahkan aparat tidak jarang telah menyiapkan jalur khusus agar dua suporter tersebut tidak saling berhadapan.

Kostum Biru tidak dapat mengalahkan ketenaran North West Derby

4 Mei, 2014 – Source: Matthew Lewis/Getty Images Europe)

Dua tim terbaik sepanjang masa asal Inggris ini berada pada posisi underperform dibawah para klub berkostum biru. Setidaknya selama 5 tahun kebelakang para “kostum merah” tidak lagi merajai liga primer. Akan tetapi, para “kostum biru” tetap tidak dapat menggeser kehebatan dari MU & Liverpool diwilayah Inggris atau Eropa.

Saat ini, Manchester United & Liverpool sedang berada diposisi “puasa gelar” liga primer. Akan tetapi, meskipun sedang “puasa gelar” tetap saja dua “kostum merah” tersebut tidak dapat digeser dari title Raja Inggris. Bahkan, disegala macam piala mayor negara Inggris masih menjadi milik “kostum merah”. Jika dilihat tiga piala mayor, hanya Arsenal (13) raja FA, Manchester United (20) raja Liga Inggris, dan Liverpool (5) raja Champions di Inggris.

Jangan sampai ketinggalan berita terbaru. Subscribe sekarang!

Berita Menarik Lainnya

Komentar ditutup.